Membaca Kartu RFID Dengan ErulDuino

Posted: Mei 18, 2011 in Project
Tag:, , , ,

Dalam artikel kali ini tim dewata elektronik akan membahas projeck mengenai Radio Frecuency Identification (RFID) dengan menggunakan board erulduino. RFID merupakan teknologi baru yang mampu mengirimkan identitas berupa digit tertentu dengan menggunakan gelombang radio. Dewata elektronik menggunakan ID-12 dari sparkfun innovation yang merupakan modul yang sudah terintergasi dengan komunikasi TTL to serial. Pada aplikasinya RFID banyak difungsikan sebagai akses kontrol suatu ruangan misalnya sebagai pintu otomatis dengan kunci berupa tag pasif atau sebagai system absensi karyawan suatu perusahaan..

Tim dewata elektronik pada kesempatan ini menyajikan sedikit tutorial bagaimana membaca kode unik yang terdapat pada tag pasif dan menampilkanya pada serial monitor

  • Wiring Diagram ID-12

Dengan menggunakan wiring diagram seperti dibawah ini maka tag pasif akan dapat dibaca oleh reader (ID-12) dalam bentuk kode ASCII(American Standard Code for Information Interchange).

  • Konfigurasi pin ID-12

Pin 1 merupakan referensi ground dan pin 2 merupakan pin reset dari ID-12 dihubungkan ke Vcc (5volt) agar IC dalam modus reader kemudian pin 3 dan pin 4 merupakan pin antenna external (tidak harus dihubungkan) kemudian pin 5 dan 6 merupakan modus data yang akan secara default tidak terhubung.

pin 7  merupakan format data apabila dihubungkan ke Ground maka secara default akan membaca kode ASCII, pin 8 tidak digunakan (D1) pin 9 (D0) TTL serial menuju RX0 erulduino pin 10 merupakan indikator apabila tag pasif dapat dibaca oleh reader dan yang terakhir pin 11 merupakan Vcc dari ID-12.

  • Instalasi pada Erulduino

Pin 9 dari ID12 dihubungkan ke RX0 erulduino dan pemberian tegangan 5 volt disesuaikan dengan datasheet. Kemudian download program baca serial RFID kemudian di copy pada sketch erulduino kemudian upload. Setelah itu buka serial monitor pada program dan juga dekatkan tag pasif pada reader RFID maka akan tampil kode HEX yang unik pada serial monitor,,kode HEX ini akan berbeda dengan kode HEX pada tag pasif lainnya,,program ini hanya menampilkan kode HEX di serial monitor menggunakan erulduino..kita dapat mengubah program dan menambahkan beberapa listing program untuk dapat diaplikasikan pada pintu kamar otomatis dengan menggunakan RFID ini.

  • Listing program

dalam listing program erulduino membaca kode dari tag pasif pada serial monitor, listing programnya cukup sederhana karena hanya memanggil looping apabila serial available selanjutnya kode tag ditampilkan pada serial monitor

/* RFID ID12
*/

char val = 0; // variable to store the data from the serial port

void setup() {
Serial.begin(9600); // connect to the serial port
}

void loop () {
// read the serial port

if(Serial.available() > 0) {
val = Serial.read();
Serial.print(val, BYTE);

}
}
  • Video RFID reader dengan Erulduino

Komentar
  1. dico mengatakan:

    aslkm…sori sblumnya…z mw tx,mas..bisa nggak dalam 1 tag rfid muat 5 jenis barang beserta jumlahnya…???mhon bls yaa mas…ptg bngt soalx…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s