Layar tembus pandang di notebook, akan dijual segera!!!

Posted: Juni 2, 2010 in elektronika

semakin maju dan berkembang teknologi saat ini,  mengutip kata-kata dari dosen : teknologi itu semakin canggih (I Putu sutawinaya ST) benar sekali kata bapak yang mengajar manajemen industri tersebut.stpd xpdc.

Teknologi layar display AMOLED (Active Matrix Organic Light Emitting Diode) yang menawan memang menggoda bila dilihat dari sisi manapun. Penerus teknologi layar OLED ini memiliki konsumsi daya yang lebih rendah, lebih murah diproduksi dan kualitas warna atau gambar yang superior bila dibandingkan dengan layar TFT LCD (Thin Film Transistor Liquid Crystal Display) yang ramai digunakan saat ini.

AMOLED adalah singkatan dari Active-Matrix Organic Light-Emitting Diode, dimana merupakan teknologi layar yang belum lama ini diluncurkan pada perangkat bergerak seperti ponsel.

Teknologi layar AMOLED ekstra tipis dan tidak membutuhkan cahaya latar, yang mengacu pada teknologi yang mampu mengatur besaran piksel dengan konsumsi daya lebih rendah meski berukuran besar sekalipun.

Penjelasan Teknis
Layar AMOLED memiliki beberapa lapisan yang terpisah untuk mengendalikan tampilan yaitu lapisan kutub positif (Anode layer), lapisan organic tengah (middle organic layer), lapisan kutub negative (cathode layer) dan lapisan bawah yang berisi untaian (circuitry).

Layar AMOLED juga terdiri dari piksel-piksel OLED yang ditempatkan atau diintegrasikan ke transistor film yang kecil (Thin Film Transistor/TFT) untuk membentuk matrik piksel yang menyinari cahaya saat aktivasi elektrik, yang mana berfungsi sebagai pengontrol setiap piksel yang ditampilkan. Susunan TFT secara terus menerus mengontrol aliran piksel-piksel yang ditampilkan, memberi sinyal ke tiap piksel seberapa cerah harus memendar.

Umumnya aliran piksel ini dikontrol dengan minimal dua TFT di tiap pikselnya, satu untuk memulai dan menghentikan pengisian pada kapasitor dan satunya lagi untuk mensuplay sumber tegangan pada level yang dibutuhkan untuk menghasilkan aliran yang konstan pada tiap pikselnya serta mengeliminasi kebutuhan akan aliran matrik passive OLED yang sangat tinggi.

Jika dibandingkan dengan layar TFT-LCD tradisional, AMOLED mengkonsumsi daya lebih sedikit dan memberikan rasio kontras 10,000 : 1, menghasilkan tingkat kehitaman yang lebih gelap, warna-warna yang lebih cerah, dan tampilan yang lebih menyala yang dapat dilihat diluar ruang, dan bahkan dibawah sinar matahari langsung. Lebih lagi, tidak seperti TFT-LCD, layar teknologi AMOLED memiliki kemampuan untuk menampilkan gambar yang dapat direview pada setiap sudutnya, dengan tetap menghasilkan warna yang tetap cerah.

(dari berbagai sumber)

Komentar
  1. tedisobandi mengatakan:

    wah hebat, info baru nie. 🙂
    makasih ya, lam kenal http://adekunya.wordpress.com/

  2. Duwi mengatakan:

    stpd xpdc!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s